Jumat, 20 Maret 2015

Fasilitas M-BCA

Hai para nasabah BCA tercinta.
Pasti banyak yang bingung dan gatau harus gimana lagi caranya buat aktifin fasilitas M-BCA di handphone kita ya.

Dan yang sudah sudah, nyari caranya di Google pun ga membantu banyak.

Jadi begini, untuk penggunaan fasilitas ini sudah bisa digunakan di handphone biasa dan smartphone termasuk Blackberry, i-Phone, Android, dan Windows Phone.

Apa sih bedanya?
Yang pertama, fasilitas M-BCA di handphone biasa (tanpa internet) bisa digunakan di menu SIM Toolkit, biasanya menu ini gambar shortcutnya itu gambar kartu SIM.

Yang kedua, fasilitas M-BCA di Smartphone (dengan internet). Bisa digunakan apabila sudah mendownload aplikasi BCA MOBILE di handphone anda. Tentu saja dari Play Store jika handphone anda Android, Blackberry App World jika handphone anda Blackberry, dan sejenisnya sesuai dengan smartphonenya.

NAH! Apa sih yang harus dilakukan pertama kali untuk mendaftar jika anda belum pernah sama sekali menggunakan fasilitas ini? Ada 2 caranya nih guys, yaitu sebagai berikut :

1. Mendaftar di ATM BCA terdekat. Caranya tinggal ke menu "Daftar E-Banking" lalu pilih "Daftar M-Banking", kemudian tinggal masukan no Handphone masing-masing deh. Setelah itu akan diminta Pin M-BCA nya, Sarannya sih kalo mau samain aja sama pin ATM nya. Tapi kalo mau beda juga gak apa-apa. Terus, setelah selesai nanti akan keluar struk bertuliskan bahwa anda telah berhasil mendaftarkan no Handphone untuk fasilitas M-BCA.
Tapi ga sampe situ aja, soalnya kalo cuma daftar di ATM fasilitas ini cuma bisa digunakan untuk Cek Saldo dan Cek mutasi Rekening. Jika anda mau melengkapi fasilitasnya dengan menu transfer dan lain-lain, terpaksa deh anda harus mampir ke cabang BCA terdekat untuk daftar fasilitas transfernya daaann...yang harus di ingat, jangan lupa bawa lengkap ya Buku Tahapan, Kartu ATM, dan KTP anda. Customer Service BCA yang cantik dan ganteng pasti akan segera membantu anda di cabang terdekat,

2, Langsung capcuss aja ke cabang terdekat dan.....tetep bawa lengkap Buku Tahapannya, Kartu ATM, dan KTP nya yah. Nanti bilang aja mau daftar M-BCA gitu. Pasti dibantu deh. Soal Pinnya, itu sama dengan pin ATM ya, ga bisa dibedain kaya di cara pertama. Soalnya otomatis.
O iya, kalo mau langsung di pake, dibawa juga aja Handphonenya, nanti diajarin caranya sama Customer Service kalo takut bingung.

Sekarang kan sudah didaftarkan nih no Handphonenya, setelah itu saya akan bahas gimana cara pakenya di Handphone.

>> Untuk di Handphone yang bukan Smartphone hanya bisa digunakan untuk provider Telkomsel (termasuk Kartu Halo dan Simpati), Indosat, dan XL, Selebihnya belum kerja sama, jadi mau gamau harus pake aplikasi yang di Smartphone.
Tapi untuk nomor Simpati yang baru rata-rata di menu SIM Toolkit nya ga ada menu M-BCA seperti nomor yang lama atau indosat dan XL, Caranya harus ke Grapari Telkomsel dan minta ditambahkan menu M-BCA di SIM Cardnya. Agak repot ya...
Cara aktifinnya : Masuk ke menu SIM Toolkit, lalu pilih M-Banking kemudian pilih m-BCA. Untuk pertama kali anda harus memilih menu m-Admin kemudian "Aktivasi". Lalu masukan 16 nomor Kartu ATM. Jika berhasil, maka akan muncul tulisan "SELAMAT DATANG DI LAYANAN M-BCA". Tapi yang harus dipastikan, Handphone anda ada pulsanya ya. :D

>> Untuk di Smartphone.. Setelah mendownload BCA Mobile, anda bisa langsung menginstall aplikasi ini di Smartphone anda. Dan Tampilannya akan seperti ini :

Hasil gambar untuk bca mobile

Pilih menu m-BCA, lalu di layar Smartphone anda akan muncul ketentuan m-BCA. Lalu pilih saja "Accept". Kemudian masukan 16 digit Nomor Kartu ATM anda. Dan aplikasi akan meloading lagi dan akan memproses data anda.
Hasil gambar untuk bca mobile kode akses

Setelah prosesnya komplit, akan muncul seperti ini :

Hasil gambar untuk bca mobile kode akses
 Hasil gambar untuk bca mobile

Contoh kode aksesnya: mama12. Nah, kode aksesnya ini adalah kunci untuk masuk ke m-BCA. Tapi kalo untuk transaksi ataupun cek saldo tetap menggunakan pin yang sudah didaftarkan tadi.
Jika kode aksesnya sewaktu-waktu lupa sama sekali. Jangan khawatir, anda hanya cukup mengUninstall aplikasi BCA MOBILE di Smartphone anda dan melakukan download ulang serta mengulang proses yang udah saya jelaskan di atas.

Lanjut ya, tadi setelah membuat kode aksesnya, otomatis tampilannya akan seperti ini :

Hasil gambar untuk bca mobile kode akses

Nah, sudah bisa digunakan deh fasilitasnya.
Penting harus di ingat, Smartphonenya harus ada koneksi internet dan signal ya. Soalnya yang sudah sudah juga banyak yang terkendala aplikasi nya karena signal.

Ada keuntungan sedikit nih untuk aplikasi BCA Mobile. Di aplikasi ini menu m-Infonya untuk cek saldo dan cek mutasi rekening tidak dikenakan biaya. Tapi kalo di SIM Toolkit kena biaya tuh.

Berikut biayanya kalo belum berubah ya....
m-Info dan m-Admin : Indosat & XL >> 500, Telkomsel >> 950
m-Transfer, m-Commerce, dan m-Payment : Indosat & XL >> 1000, Telkomsel >>1.950
Biaya ini akan langsung mendebet pulsa anda.

Kalo pin m-BCA nya lupa fasilitas anda akan terblokir tapi jangan khawatir, anda bisa menghubungi HALO BCA di 021-1500 888 untuk membuka blokir anda. Kemudian anda hanya cukup mendaftar kembali di ATM terdekat.
Atau datang ke cabang BCA terdekat untuk langsung di bantu oleh Customer Service.
Lalu fasilitas m-BCA anda akan bisa dipakai lagi.

For your info : 1 no Handphone hanya bisa dipakai untuk 1 nomor rekening


Sekian info dari saya. Semoga bermanfaat buat rekan rekan sekalian.
Kalo ada yang salah mohon dikoreksi, atau kalo masih ada yang bingung boleh nanya juga, Saling Sharing aja :)

Thank you..

2 komentar:

  1. Dengan mbca memang segalanya praktis ya, beli pulsa gampang, transfer gampang, cek mutasi rekening juga gampang

    BalasHapus
  2. Saya udah ada no mbaking , trs gmna lagk

    BalasHapus